Social Icons

Pages

Monday, May 12, 2014

Tips Praktis Menyederhanakan Query SQL dengan View melalui phpMyAdmin

Bismillah.

Halo gan!

Tips kita hari ini adalah menyederhanakan query SQL dengan View melalui phpMyAdmin. Jika agan banyak menggunakan database MySQL, tentu kerap menemui adanya kebutuhan informasi yang baru dapat dipenuhi dengan query yang rumit bin njlimet. Tidak sekedar SELECT * FROM dan diakhiri WHERE, tetapi juga sampai melakukan JOIN dari 3 atau lebih tabel, menggunakan kriteria bercabang, sub-queries, dan keribetan lainnya.

Mengenal View

Ada satu tips yang bisa digunakan untuk mengurangi kepeningan kita. Gunakanlah View! View adalah sekumpulan hasil query yang disimpan agar dapat digunakan lagi. Misalnya kita menyimpan query berikut ini dalam sebuah View:
SELECT * FROM data_mahasiswa WHERE thn_masuk = 2014
Query tersebut akan menghasilkan data-data mahasiswa yang masuk tahun 2014. Jika kita simpan dalam View, maka setiap kita melihat View tersebut maka dia akan selalu berisi data-data mahasiswa yang masuk tahun 2014.

Secara kasat mata, View akan berperilaku sama seperti Tabe biasa. Kita bisa meng-query View. JIka query di atas kita simpan dengan nama View: Mahasiswa2014, maka kita bisa melakukan query sbb:
SELECT COUNT(*) FROM Mahasiswa2014

Membuat View di phpMyAdmin

Untungnya, di phpMyAdmin sebagai salah satu alat administrasi MySQL yang populer, sudah tersedia fasilitas untuk membuat View. Setelah melakukan Query, di bagian bawah layar akan ada pilihan untuk menyimpan Query tersebut sebagai View.


Selanjutnya, kita dapat membuka View tersebut sama seperti membuka tabel, yakni dengan meng-klik nama View yang muncul di phpmyadmin.

Keuntungan Menggunakan View

Nah keuntungan menggunakan View adalah dalam query yang rumit, kita dapat mengidentifikasi/mengisolasi ketika error terjadi. Caranya dengan membuatkan View untuk setiap sub-sub query. Sehingga, kita yakin bahwa sub query sudah berjalan dengan baik. Maka ketika terjadi error, kita bisa langsung mencarinya di bagian Query yang sedang kita lakukan, bukan di sub query yang sudah dijadikan View.

Dengan cara ini, mudah-mudahan para administrator database dan pengguna database di level apapun dapat menghemat pikiran menghadapi error. Bagi seorang database administrator, kepusingan tingkat tinggi sudah menjadi hal yang pasti dialami :P

Postingan ini terinspirasi dari tantangan seorang kawan di Facebook.


Demikian tips singkat kita kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu memantau blog Tips Praktis Kita untuk mendapatkan tips-tips praktis berteknologi sehari-hari.

1 comment:

  1. Menarik gan, memang mengakali query rumit ada baik nya mencoba dengan view.. selain mudah dibaca alurnya, akses nya pun lumayan lebih cepat. Namun itu juga tergantung kepiawaian seorang administratornya, btw apresiasi untuk artikel ini . Sukses selalu ..

    ReplyDelete

 
 
Templates by Blogger Templates