Social Icons

Pages

Sunday, December 1, 2013

Tips Praktis Menghapus Alamat URL dari Address Bar Google Chrome

Bismillah.

Tips praktis kali ini adalah cara menghapus sebuah alamat URL dari autosuggest di Address Bar Google Chrome. Seringkali kita pernah salah mengetikkan alamat web di browser Chrome. Sayangnya, Chrome kemudian menyimpan URL salah ketik tersebut ke dalam database autosuggest-nya, sehingga tiap kali kita mengetikkan sebagian dari URL, maka URL salah ketik tersebut akan selalu muncul disarankan oleh Chrome.

Kasus lainnya, seperti yang saya alami, adalah ketika aplikasi web yang kita gunakan berpindah alamat. Misalnya dari 192.168.84.11 menjadi 192.168.100.13. Sangat menjengkelkan ketika kita mengetikkan 192.168, maka Chrome sudah menyarankan 192.168.84.11.

Skrinsyut berikut ini sebenarnya setelah saya melakukan beberapa kali tips penghapusan yang akan dibahas di bawah. Awalnya, setiap kali mengetikkan 192.168 maka URL 192.168.84.11 selalu muncul mendominasi di urutan 1 sampai 4.


Tips Praktis Menghapus Alamat URL dari Address Bar Google Chrome


Anda bisa saja menghapus seluruh history Chrome untuk me-reset autosuggest/saran otomatis Chrome di Address Bar. Tetapi itu rasanya seperti membunuh lalat dengan bom nuklir!

Untuk menghapus satu saja alamat URL dari daftar autosuggest, cukup gunakan tombol ShiftDel. Yak! Sesederhana itu. Sorot saja alamat yang akan dihapus dari autosuggest, dan tekanlah kombinasi tombol Shift-Delete.

Tips Praktis Menghapus Alamat URL dari Address Bar Google Chrome


Tapi ingat! Harap berhati-hati menggunakan shortcut ini. Jika Anda menggunakannya di Windows Explorer, shortcut ini akan menghapus file secara permanen. File akan dihapus tanpa melewati Recycle Bin.

Berikut ini adalah skrinsyut setelah saya menghapus semua link suggestion 192.168.84.11 di Chrome. Akhirnya saran autocomplete URL Chrome selalu merujuk ke URL baru sesuai yang saya inginkan.


Demikian tips praktis menghapus URL dari autosuggest Chrome. Mudah-mudahan bermanfaat. Silakan ikuti terus blog Tips Praktis Kita untuk tips-tips praktis lainnya. Jika ada tips praktis yang ingin Anda cari, silakan ajukan ke kami melalui kotak komentar.

5 comments:

 
 
Templates by Blogger Templates