Social Icons

Pages

Wednesday, May 21, 2014

Tips Praktis Menginstall Kingsoft Office di Ubuntu Linux

Bismillah.

Saya pengguna Linux, khususnya Ubuntu. Untuk solusi Office di Linux, saya sudah pernah menggunakan Open Office dan penerusnya Libre Office. Sekarang, saya lebih memilih menggunakan Kingsoft Office. Kenapa saya lebih memilih Kingsoft Office? Entah kenapa, saya merasa nyaman dengan Office Suite tersebut. Interface terasa lebih enteng dan lebih mirip dengan Microsoft Office.

Di kantor, saya disediakan MS Office untuk bekerja. Saya juga sudah cukup terbiasa menggunakan berbagai fitur MS Office, khususnya untuk olah spreadsheet (Excel). Beberapa fitur MS Office yang dapat direplikasi dengan baik oleh Kingsoft adalah:
  1. Paste Link untuk mem-paste link cell di spreadsheet
  2. Data Consolidate untuk mengkonsolidasi cell di spreadsheet
  3. Dapat membuka file .ppt dengan Layout tampilan Presentasi tidak jauh berbeda (tidak merusak layout).
  4. (silakan menambahkan) 
Fitur-fitur di atas, tidak dapat saya jalankan dengan baik di Libre Office. Libre Office tidak menyediakan fitur Paste Link. Sementara, penggunaan fitur Data Consolidate di Libre malah membuat aplikasi crash.

Dengan berbagai alasan di atas, saya pun menjatuhkan pilihan pada Kingsoft Office untuk menemani saya bekerja di Ubuntu Linux. Berikut ini adalah langkah-langkah instalasi Kingsoft Office di Ubuntu Linux agar dapat dijalankan dengan nyaman dan mendukung produktivitas kita.

Unduh dan Instal .deb Kingsoft Office

File instalasi Kingsoft Office untuk Linux bisa didapat dari web komunitas Kingsoft Office International yang beralamat di http://wps-community.org/download.html

Di halaman tersebut tersedia berbagai file instalasi: format .deb untuk Debian, format .rpm untuk Redhat/Fedora, dan format .tar.xz untuk source code. Saya memilih mengunduh file .deb.
wget http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/kingsoft-office_9.1.0.4280~a12p4_i386.deb
Lalu saya instal dengan perintah sebagai berikut:
sudo dpkg -i kingsoft-office_9.1.0.4280~a12p4_i386.deb
Setelah terinstall, saya jalankan Kingsoft Office dan saya pin tiga aplikasi Kingsoft (Spreadsheet, Writer dan Presentation) ke sidebar Unity agar mudah diakses. Pertama saya jalankan dulu ketiga aplikasi tersebut, lalu saya drag iconnya ke posisi yang saya inginkan. Dan terakhir saya klik kanan pada icon dan memilih Lock to Launcher.


Menghilangkan Error Missing Files

Jika Kingsoft Office yang baru diinstall mengeluarkan pesan error ketika dijalankan, maka kita dapat mengikuti langkah berikut untuk menghilangkannya.
wget http://wps-community.org/download/fonts/wps_symbol_fonts.zip
unzip wps_symbol_fonts.zip
sudo mv *.TTF /usr/share/fonts/wps-office/
sudo mv *.ttf /usr/share/fonts/wps-office/
Jalankan kembali Kingsoft Office, maka error sudah hilang.


Mengubah Bahasa dari China menjadi Inggris (jika diperlukan)

Ada satu tips lagi yang sudah tidak perlu saya jalankan lagi karena Kingsoft Office saya sudah berbahasa Inggris. Jika Anda mendapatkan tampilan berbahasa China, maka Anda perlu menghapus beberapa file berikut ini:
cd /opt/kingsoft/wps-office/office6/2052
sudo rm qt.qm wps.qm wpp.qm et.qm

Demikian tips kita kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Referensi:
http://www.newbienote.com/2014/04/kingsoft-office-error-missing-font-some.html
http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=2121775

No comments:

Post a Comment

 
 
Templates by Blogger Templates