Social Icons

Pages

Tuesday, May 13, 2014

Tips Praktis Mengimpor Google Contacts ke Nokia

Bismillah.

Tips praktis kita kali ini adalah mengimpor google contacts ke nokia pc suite. Saya pribadi sangat merasakan manfaat google contacts di android. Saya pernah berganti handset android dan ketika saya set account google di handset baru, seketika itu pula semua kontak saya terimpor di handset baru. Fitur inilah yang selama ini menjadi kendala saya ketika berganti handset nokia dan ponsel non-android lainnya. Sinkronisasi kontak menjadi langkah terberat ketika berganti handset.

Masalah semakin kompleks ketika saya memiliki berbagai tipe handset. Ada android dan berbasis java midp. Bagaimana sinkronisasi antara keduanya?

Sinkronisasi real time seperti pada sesama handset android tentu tidak memungkinkan. Satu-satunya cara hanyalah mengimpor kontak google ke nokia atau sebaliknya. Tips berikut ini akan menyajikan cara mengimpor kontak google ke handset nokia melalui nokia pc suite.

Langkah 1

Eksporlah kontak google ke format Vcard, yaitu menjadi file berformat .vcf. Buka https://mail.google.com/mail/u/0/#contacts dan pilih Ekspor dan pilihlah format vCard sebagai tujuan ekspor.







Langkah 2

Bukalah file hasil export tadi (biasanya bernama contacts.vcf) dari text editor. Find and replace teks berikut ini:
  • "VERSION:3.0" menjadi "VERSION:2" 
  • "TYPE=" menjadi "" (kosongkan)
  • "\r" menjadi "(spasi)\r" contoh: " \r"



















Langkah 3

Split file .vcf dgn vcard splitter


Langkah 4

Import file-file .vcf hasil split melalui nokia pc suite.

Demikianlah tips praktis kita kali ini. Mudah2an kita dapat membahas sebaliknya, Bagaimana Cara Mengimpor Kontak dari Android ke Nokia pada kesempatan selanjutnya. Jangan lupa untuk memantau terus blog Tips Praktis Kita untuk mendapatkan tips praktis berteknologi sehari-hari.

Credits

http://blog.gluga.com/2009/11/import-google-contacts-to-nokia-pc.html
http://discussions.nokia.com/t5/PC-and-Mac-Software/Nokia-PC-Suite-how-to-import-contacts-from-a-csv-text-file-into/td-p/387426/page/4

No comments:

Post a Comment

 
 
Templates by Blogger Templates