Social Icons

Pages

Tuesday, September 29, 2015

Tips Praktis Memilih Aplikasi SCP untuk Android dari Google Playstore

Bismillah.

Kali ini saya akan berbagi tips memilih aplikasi SCP untuk Android dari Google Playstore. Alhamdulillah, saat ini kita dimudahkan memilih aplikasi-aplikasi Android dengan adanya sistem rating di Google Playstore. Berikut ini adalah contoh kasus memilih aplikasi dengan memperhatikan rating yang diberikan pengguna.

Sebagai contoh, saya saat ini sedang membutuhkan aplikasi SCP (Secure Copy Protocol) dan akan memilih aplikasi SCP untuk Android dari Google Playstore.

Langkah 1: Googling "SCP Android"


Pertama-tama saya mencari informasi terlebih dahulu, nama-nama aplikasi SCP untuk Android yang terkenal di search engine Google. Dari hasil pencarian, saya menemukan 3 nama:

  1. VX ConnectBot
  2. DroidSCP
  3. AndFTP
Dari namanya, sepertinya aplikasi nomor dua terdengar menjanjikan, maka saya langsung melihat halaman unduhnya.

Langkah 2: Lihat Rating Aplikasi


Ternyata, DroidSCP mendapat rating yang cukup aneh, yaitu jumlah rating 5 bintangnya (rekomended) hampir sama banyak dengan rating 1 bintang (sangat tidak puas). Menurut saya ini kurang bagus. Jadi saya membandingkannya dengan VXConnectBot. Rating VXConnectBot cukup menjanjikan yaitu didominasi oleh rating 5 bintang. 



Sebagai perbandingan, saya juga melihat rating AndFTP, dan hasilnya mirip dengan VXConnectBot yaitu didominasi rating 5 bintang. Nah, sampai di sini saya bingung memilih antara VXConnectBot dan AndFTP, karena itu, saya lanjut ke langkah 3 berikut ini.


Langkah 3: Melihat update terakhir dan jumlah pengguna

Dari jumlah pengguna, AndFTP menang jauh mengungguli VXConnectBot. Namun, Rating 1 bintang AndFTP juga banyak, malah jumlahnya lebih banyak dari perating 5 bintang DroidSCP. Apakah ini menandakan AndFTP jelek? Tidak. Jika kita kombinasikan dengan data perating 5 bintang AndFTP yang sangat sangat banyak, maka saya justru menyimpulkan, perating 1 bintang AndFTP adalah orang-orang yang tidak bisa menggunakan AndFTP (kurang geek kayak saya mungkin ya,.. hehehe).

Nah, selanjutnya saya melihat tanggal update. Dapat dilihat bahwa VSConnect terakhir diupdate pada tahun 2013 (dua tahun yang lalu), Ini cukup jadul, namun bisa juga berarti aplikasinya sangat-sangat reliable. Sementara, AndFTP terakhir diupdate pada tahun 2015. Dengan demikian, saya menjatuhkan pilihan pada AndFTP. 

Demikianlah cara saya memilih aplikasi Android dengan memperhatikan sistem rating pada Google Playstore. Mudah-mudahan bermanfaat. Silakan ikuti tips lainnya di blog Tips Praktis Kita.

No comments:

Post a Comment

 
 
Templates by Blogger Templates